MPM UIN Alauddin Makassar

Mahasiswa Pencinta Masjid (MPM) UIN Alauddin Makassar adalah lembaga dakwah internal kampus yang terbentuk pada tahun 2011, tepatnya pada tanggal 29 Jumadil ‘ula 1432 H atau 3 Mei 2011 M. Lembaga ini dideklarasikan oleh beberapa mahasiswa muslim UIN Alauddin Makassar. MPM UIN Alauddin Makassar bertempat di Samata-Gowa, Sulawesi Selatan. Azas yang diterapkan lembaga yaitu berazaskan islam yang bersumber dari Al Qur’an dan As-Sunnah sesuai pemahaman salafus shalih dan generasi yang mengikutinya.

Tujuan dibentuknya MPM UIN Alauddin adalah untuk mewujudkan pribadi muslim dari setiap mahasiswa dan mengembangkan eksistensi dakwah di setiap fakultas  melalui pembinaan Study Club (SC) dari tiap Fakultas dalam ruang lingkup UIN Alauddin Makassar di Sulawesi Selatan.

MPM UIN Alauddin Makassar juga berperan sebagai lembaga untuk mengontrol dan mengarahkan kader yang berwawasan islam yang menyeluruh serta memiliki kapasitas intelektual yang baik.

Dalam menghadapi tantangan internal dan eksternal lembaga komunitas mahasiswa UIN Alauddin, maka MPM UIN Alauddin mengembangkan Visi yaitu: ”Membangun Kampus UIN Alauddin Makassar yang Berperadaban dan Rabbani.” Untuk mewujudkan Visi tersebut maka MPM UIN Alauddin Makassar mengembangkan Misi :
  1. Menjalin dan mempererat ukhuwah islamiyah mahasiswa UIN Alauddin Makassar.
  2. Membina dan memurnikan aqidah mahasiswa muslim sesuai pemahaman para Salafus Shalih dan orang-orang yang mengikutinya dengan baik.
  3. Menghidupkan pola pikir ilmiah mahasiswa yang berdasar pada Al Qur’an dan As-Sunnah sesuai dengan pemahaman Salafus Shalih dan orang-orang yang mengikutinya dengan baik.
Adapun usaha-usaha yang dilakukan dalam mengembangkan dakwah dikampus meliputi :
  1. Membina pribadi muslim yang kaffah.
  2. Mengembangkan potensi keimanan menuju keselarasan ilmu dan amal.
  3. Memajukan kehidupan umat dalam mengamalkan Dienul Islam dalam kehidupan pribadi, masyarakat kampus, dan kaum muslimin.
  4. Mengembangkan Study Club (SC) Fakultas se-UIN Alauddin Makassar.
  5. Mengembangkan potensi keterampilan kader menuju lembaga yang mandiri.
  6. Melahirkan kader yang memiliki militansi tinggi dalam perjuangan.
  7. Menjadi pusat informasi perkembangan Study Club (SC) Fakultas se-UIN Alauddin Makassar.
Alhamdulillah dengan beberapa kegiatan yang dilakukan seperti tarbiyah, ta’lim, kajian islam, dan seminar dari para ikhwa dan akhwat di lembaga MPM dan Study Club (SC) dari beberapa fakultas dapat menjadi alternatif dalam menyebarkan syiar islam diruang lingkup Kampus Peradaban UIN Alauddin Makassar.
 
Oleh : DPI MPM UIN Alauddin Makassar

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.